Selasa, 10 November 2009

Trivial File Transfer Protocol (TFTP)

Categories: ,

File Transfer Protocol menggunakan TCP untuk mendapatkan komunikasi dalam jaringan yang dapat diandalkan. Jika jaringan sudah cukup dapat diandalkan, seperti umumnya pada jaringan LAN maka dapat dipergunakan File Transfer Protocol yang lebih sederhana, yaitu dapat digunakan user datagram ptotocol (UDP) untuk mendasari protocol transport (host to host). Sebagai contoh file transfer Protocol yang menggunakan UDP adalah trivial File Transfer Protocol (TFTP).
Pada gambar di atas ditunjukkan tahapan TFTP yang dipakai untuk transfer file diantara dua host. TFTP dapat dipakai untuk transfer file antara dua host tanpa memerlukan pengenalan (authentication) terhadap user yang memakai. File dapat di transfer dengan hanya menunjukkan nama file tersebut. Oleh karena user account dan password tidak diperlukan untuk transfer file dengan TFTP, maka beberapa system administrator mematikan fasilitas TFTP ini, atau membatasi jenis file yang dapat ditransfer, demikian juga implementasinya untuk akses dapat ditolak kecuali setiap user yang berada pada host dapat mengakses file.
TFTP kebanyakan dipakai untuk menghubungkan workstation yang tidak memiliki diskdrive maupun harddisk ke server untuk mendownload boot-image dari sistem operasi pada saat booting. Protokol TFTP cukup kecil dan efisien utnuk diterapkan pada Boot ROM di dalam card jaringan yang dipasang pada workstation. Workstation Unix dari Sun Microsystem menggunakan TFTP untuk menghubungkan dengan RARP atau BOOTP yang dapat dipergunakan untuk menentukan alamat IP dari workstation tersebut pada saat meng-download sistem operasi untuk booting.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Trivial File Transfer Protocol (TFTP)"

Posting Komentar